Property Fund Asset Council

Property Fund Asset Council
Property Fund Asset Council

Apa itu Property Fund Asset Council?

PROPERTY ( Properti )

Yap, Property masih merupakan salah satu pilihan investasi favorit bagi beberapa investor dikarenakan nilainya yang terus meningkat seiring waktu berjalan dan dapat menjadi sumber pendanaan dikala membutuhkan modal usaha.  Berbicara tentang Property sebagian besar kalangan umum selalu merujuk bahwa arti Property adalah Rumah atau Tanah. Namun sebetulnya pengertian Property itu jauh lebih luas bukan hanya itu saja. Jadi Property bisa menunjuk kepada sesuatu yang biasanya dikenal sebagai entitas dalam kaitannya dengan kepemilikan seseorang atau sekelompok orang atas suatu hak eksklusif terhadap entitas tersebut. Bentuk-bentuk dari properti bisa berupa tanah atau rumah (real property), kekayaan pribadi (personal property) atas kepemilikan barang secara fisik serta kekayaan intelektual.

Property Fund Asset Council
Property Fund Asset Council

Sehingga Property dapat dikaitkan dengan hal hal sebagai berikut;

  • Kontrol atas kepemilikan property tertentu. Hal ini tentu harus dapat dibuktikan secara tertulis / formal yang menunjuk bahwa seseorang tersebut adalah benar selaku pemilik atas properti tertentu. Tentu bukti kepemilikan ini berasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Sebagai misal adanya Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Banguan (SHGB) yang secara legal formal di Negara Kita Republik Indonesia, kedua contoh sertifikat tersebut adalah bukti kepemilikan seseorang atas property tertentu seperti Gedung, Rumah, Ruko, Kavling lahan.
  • Hak memperoleh keuntungan material atas property tersebut. Misalkan seseorang yang memiliki Rumah atau Ruko atau Gudang atau Tanah dan ia menyewakannya kepada pihak kedua dan tentu sang pemilik tadi memperoleh uang sewa atas transaksi ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tentu adanya perjanjian sewa menyewa antar kedua pihak atas objek property tersebut dalam periode waktu tertentu dan dapat diteruskan sesudah berakhirnya waktu atau dihentikan jika sudah berakhirnya masa sewa.
  • Hak untuk memiliki secara eksklusif atas property tersebut. Dengan kata lain bahwasanya kepemilikan secara khusus terhadap properti yang dimiliki tersebut (silakan lihat keterangan pertama di atas), maka sang pemilik ingin diapakan propertynya  itu maka ini merupakan hak eksklusif yang dia miliki dengan syarat properti yang dia miliki tidak melanggar peraturan yang berlaku.
  • Hak untuk mengalihkan atau menjual property tersebut. Pemilik property  yang sah secara hukum, mempunyai hak untuk menjual, mengalihkan atau mewariskan properti yang dia miliki kepada pihak lain. Dengan berpindah nya kepemilikan tersebut maka hak-hak yang telah disebutkan di atas akan berpindah kepada pemilik properti yang baru dengan syarat telah diuruskan pergantian kepemilikan atas properti tersebut dalam bentuk sertifikat atau bukti tertulis lainnya sesuai peraturan yang berlaku.
Property Fund Asset Council
Property Fund Asset Council

Setelah mempelajari hal hal prinsip di atas tadi maka perlu juga diketahui bahwa nilai daripada setiap Property bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai dari property adalah sebagai berikut;

Property Fund Asset Council
Property Fund Asset Council
  • Lokasi. Lokasi adalah faktor terpenting dari sebuah property bernilai bagus atau kurang. Seorang Donald Trump sebelum menjabat Presiden Amerika Serikat, sebelumnya adalah seorang pengusaha di bidang property. Dan salah satu prinsip utama bagi Donald Trump untuk memilih atau membeli sebuah property adalah nomor satu Lokasi, nomor dua Lokasi, nomor tiga Lokasi. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi sangat menentukan nilai jual pasar dari sebuah property. Terkadang kita temukan bahwa sebuah property yang kondisi fisiknya biasa saja namun karena letaknya yang sangat strategis maka ia menjadi incaran banyak orang maka tentu secara hukum pasar, property tersebut menjadi Mahal Harganya (sebaliknya tentu berbeda jika sebuah property walaupun keren namun berada di lokasi terpencil misalkan)
  • Kondisi Fisik. Kedua adalah kondisi fisik property tersebut. Sebuah property yang kondisi fisiknya bagus dan terawat tentu menjadi penunjang akan bagusnya nilai jual dari property tersebut.  Tentu kita bisa bedakan antara rumah yang baru dibangun dengan rumah tua keduanya secara kasat mata berbeda kondisinya. Kondisi fisik ini bisa berubah atau diubah sesuai dengan kebutuhan pemilik property, berbeda dengan lokasi adalah sebuah factor yang tidak bisa diubah letaknya. Untuk menilai kondisi fisik sebuat property ada sebuah profesi yang khusus untuk itu yakni Apraisal Property dimana setiap bank atau institusi keuangan yang ingin menerbitkan pinjaman KPR atau Agunan maka mereka akan mengirimkan tim apraisal untuk menilai kondisi fisik property tersebut.
  • Tingkat Minat. Tingkat Minat Properti tersebut di tengah pasar yang ada. Tentu hukum pasar ikut berlaku di dalam penentuan harga di tengah minat pasar ini yakni hukum “supply and demand/permintaan dan penawaran” dimana semakin tinggi tingkat permintaan akan property tersebut di area tertentu maka nilainya pun ikut terdongkrak (apalagi jika jumlah property yang ditawarkan terbatas atau langka). Kembali lagi tingkat penawaran dan permintaan ini cukup banyak faktor juga yang ikut mempengaruhi, salah satunya ya kembali lagi ke faktor Lokasi di awal pembahasan di atas tadi. Seringkali kita melihat harga suatu property di lokasi favorit plus sangat diminati membuat harganya pun semakin meningkat seiring waktu contoh di lokasi Sunrise Property misalkan area Serpong, Cibubur, Cibinong, dan lain sebagainya.
  • Perbandingan harga.  Melihat perbandingan harga properti lain yang terdapat disekitar lingkungan tersebut sebagai bahan pertimbangan kita dalam menilai berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk membeli properti tersebut , tentunya dengan harga yang layak dan sesuai dengan perbandingan harga yang ada.
  • Akses dan Fasilitas. Kemudahan akses serta Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) yang ada di daerah sekitar properti. Akses jalan dan transportasi sangat memegang peranan penting misal dekat dengan stasiun komuter, dekat dengan akses tol, dekat dengan jalan propinsi atau jalan penghubung sehingga memudahkan untuk dicapai dari manapun.
  • Fungsi / Kegunaan. Fungsi atau Kegunaan dari Property tersebut, apakah sudah sesuai dengan peruntukan dari Tata Ruang Kota yang telah ditetapkan oleh Pemda/Pemkot setempat sehingga erat kaitannya dengan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Sebagai missal area pemukiman atau perumahan wajib hukumnya dibangun di dalam kawasan pemukiman yang telah ditentukan oleh tata ruang nya oleh pengelola kota yakni pemda setempat. Demikian juga jika bangunan berupa gudang atau pabrik atau komersil semestinya dibangun di kawasan yang memiliki zona sesuai dengan peruntukan property masing masing.
  • Legalitas. Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah legalitas formal hukum aset properti tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya konflik di kemudian hari. Misal dokumen yang tidak jelas atau aspal. Seringkali hal ini menjadi krusial di saat terakhir karena adanya kelalaian di dalam verifikasi surat atau dokumen property.

“Anda membutuhkan bantuan profesional untuk mengurus property maka PFACouncil adalah konselor yang tepat bisa hubungi pada kontak di web ini. Terima kasih!”

“Silakan dilihat artikel lainnya tentang Rumah Dijual Murah Cilandak dengan meng klik link nya tertera di kalimat ini, terima kasih!”

F U N D ( Funding / Pendanaan )

Pengertian pendanaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003;235) adalah: “Pendanaan adalah penyediaan dana.” Sedangkan pengertian pendanaan menurut PSAK No.18 adalah: “Pembayaran iuran oleh pemberi kerja atau pemberi kerja dan Peserta atau Peserta yang sifatnya tidak dapat ditarik kembali, dalam rangka menyiapkan dana untuk memenuhi kewajiban membayar manfaat pensiun.”

Property Fund Asset Council
Property Fund Asset Council

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pendanaan adalah proses penyediaan dana yang dijalankan oleh pemberi kerja atau pemberi kerja dan Peserta untuk pembayaran iuran yang sifatnya tidak dapat ditarik kembali, untuk menyiapkan dana agar dapat memenuhi kewajiban membayar Manfaat Pensiun.

Pengertian lainnya adalah penyediaan dana atas kegiatan ekonomi baik melalui pinjaman, titipan modal, penjaminan agunan, joint venture, investasi baik pasar modal maupun pasar uang, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini PFACouncil membatasi Pendanaan yang dimaksud adalah Pendanaan dengan Jaminan atau Agunan berupa Property Collateral karena ini yang lebih cepat didanai oleh para funder. Syarat property tentunya yang sudah berSertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat HGB dan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan masing masing funder.

Pendanaan yang dilakukan disini bisa tanpa BI Checking dan dapat dicairkan sesegera mungkin apabila memenuhi persyaratan. Silakan menghubungi PFACouncil jika Anda membutuhkan Dana Bridging tempo singkat atau modal operasional  untuk usaha atau bisnis. Terima kasih.

A S S E T ( A s e t )

Definisi Aset adalah sesuatu barang yang memiliki nilai ekonomi (economic value), nilai komersial (commercial value), ataupun nilai tukar (exchange value) yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau pun individu. Aset merupakan barang yang pada pengertian hukum disebut sebagai suatu benda yang terdiri dari benda bergerak dan tidak bergerak, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible).

Pengertian asset juga berarti suatu kekayaan yang dimiliki oleh pribadi maupun entitas badan (usaha atau nirlaba). Kekayaan disini bisa berarti; harta benda, saham, property, karya cipta seni seperti;buku, lagu, film, paten, merk, hak cipta intelektual, dan lain sebagainya, dimana diperoleh oleh seseorang atau badan di masa yang lalu dan diharapkan untuk memberikan manfaat dimasa yang akan datang.

Aset memiliki manfaat di masa yang akan datang. Potensi manfaat aset dimasa yang akan datang tersebut dapat berbentuk hal-hal yang produktif seperti dapat menghasilkan kas atau setara dengan kas. Selain itu, juga terdapat manfaat lain dari aset. Manfaat aset lainnya adalah sebagai penghasil barang atau jasa serta dapat ditukar dengan aset lain untuk melunasi suatu kewajiban (utang).

Karakteristik Aset. Karakteristik dari aset menjadi suatu pembeda dari beberapa hal lain. Berikut 3 karakteristik dari aset.

-Aset memiliki manfaat ekonomi yang dapat diperoleh pada suatu hari di hari yang mendatang,

-Aset dikuasai atau dikendalikan oleh perusahaan,

-Aset adalah hasil dari transaksi atau peristiwa yang terjadi di masa lalu,-

Jenis-jenis Aset. Terdapat beberapa jenis aset yang perlu Anda ketahui. Berikut 3 jenis aset pada umumnya:

#1 Aset Lancar (Current Assets)

Aset lancar merupakan aset yang digunakan dan bermanfaat dalam waktu yang cukup singkat. Beberapa contoh aset lancar adalah uang tunai (cash), investasi jangka pendek (temporary investment), piutang dagang (accounts receivable), wesel tagih (notes receivable), persediaan (inventory), pendapatan yang masih akan diterima (accrued receivable), beban dibayar dimuka (prepaid expense), dan lain sebagainya.

#2 Aset Tetap (Fixed Assets)

Jenis aset yang kedua adalah aset tetap. Aset tetap adalah sumber daya atau kekayaan harga yang dimiliki oleh suatu entitas bisnis. Aset tetap bersifat permanen dan dapat diukur dengan jelas. Berbeda dengan aset lancar, aset tetap ini digunakan dan bermanfaat dalam waktu yang relatif lama. Biasanya waktunya lebih dari satu tahun buku atau lebih dari 1 tahun. Beberapa contoh aset tetap adalah bangunan, tanah, peralatan kantor, mesin, kendaraan, investasi jangka panjang dan sebagainya.

#3 Aset Tidak Berwujud (Intangible Assets)

Aset tidak berwujud ini tidak terlihat, tidak bisa dipegang, tidak bisa disimpan, tapi bisa dirasakan manfaatnya. Dalam kata lain, aset tidak berwujud ini merupakan aset yang secara fisik tidak nampak. Beberapa contoh dari aset tidak berwujud adalah hak paten, hak guna bangunan, hak sewa, hak kontrak, franchise, trademark, goodwill, dan lain sebagainya.

Selain itu ada yang saat ini juga sedang lagi naik daun yakni Aset Digital. Di era serba digital saat ini kita tidak bisa tidak juga harus mulai memikirkan bagaimana juga harus memiliki asset yang satu ini. Aset digital ini bisa berupa website, akun youtub, akun Instagram, fanpage, akun took online e commerce yang mana semua itu bisa menghasilkan income atau pendapatan secara ekonomis juga jika Anda dapat mengelolanya dengan kreatif dan inovatif. Nah untuk yang satu ini, jika Anda ingin memiliki atu mengetahui lebih lanjut tentang peluang aset digital zaman now bisa menghubungi PFAC Councellor di web ini. Siapa tahu cocok untuk Anda karena Saya dan beberapa rekan yang lain sudah menikmati gula gula fulus dari bisnis digital ini. Oke Gaess…Oya tidak lupa saya selalu mengingatkan bahwa aset yang terpenting bahkan lebih penting dari semua di atas adalah “DIRIMU SENDIRI” karena tanpa Aset yang satu ini maka semuanya adalah pecuma. Orait ma frens, mari kita kemon. Jaihoooo!!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
%d bloggers like this: