Trump Menunjukan Dirinya Idiot

Trump Menunjukan Dirinya Idiot
Trump Menunjukan Dirinya Idiot

“Namun serangan AS ini membuat Irak kecewa. Pasalnya serangan itu melanggar kedaulatan negara tersebut. ” Sang Polisi Dunia bertindak bagaikan teroris semena mena…

Trump Menunjukan Dirinya Idiot
Trump Menunjukan Dirinya Idiot

AS telah berlaku dengan nyata di depan mata dunia sebagai teroris terburuk di dunia, yaitu mengirim rudal lewat dron ke dekat Bandara International Bagdad. Menewaskan Qasem Soleimani, pemimpin Pasukan Qud elit Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC). “We took action last night to stop a war,”  Kata Trump yang berbicara dari Mar-a-Lago resort,  Florida. Itu pengakuan ala teroris dengan bergumpal dendam kesumat. Dengan  penuh retorika ala teroris Trump menyampaikan alasannya melakukan serangan itu “We did not take action to start a war.”. Tetapi justru dengan serangan itu sebetulnya Trumps menabuh genderang perang terbuka terhadap Iran.

Trump Menunjukan Dirinya Idiot
Trump Menunjukan Dirinya Idiot

Selama ini di wilayah konflik baik di Suriah, Irak , Libanon, baik AS dan Iran tidak terlibat langsung. Mereka menggunakan proxy masing masing di wilayah konflik dengan memberikan dukungan senjata dan uang.  Semakin lama semakin banyak perang, semakin AS kalah di semua lini.  AS tahu bahwa dibalik operasi proxy Iran dari Teluk Oman melalui Irak, Suriah, dan Libanon hingga pantai timur Laut Mediterania, orang yang paling bertanggung jawab adalah Qasem Soleimani. Ia bukan saja jago mengedalikan operasi inteligen Hizbullah tetapi juga jago membangun kartel politik di daerah konflik agar bersatu melawan proxy AS untuk kepentingan Iran.

Memang operasi yang dilakukan oleh Qasem Soleimani, tidak langsung dibawah presiden Iran. Ia langsung di bawah komando Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin spiritual dan politik tertinggi di Iran. Gerakannya sebagian besar tetap tidak terlihat oleh dunia luar, bahkan setiap aksi proxy nya tidak pernah bisa dibuktikan terhubung dengan dia. Dengan serangan ini, para perwira Qud bersumpah akan balas dendam. Namun menurut saya, Iran tidak akan terpancing secara resmi perang terbuka dengan AS. Sekutu utama Iran, China telah memperingatkan Iran agar tetap tenang dan tidak terpancing provokasi AS.

Yang jelas dengan adanya serangan ini , bukannya membuat nyali para Pejuang Hizbullah surut, tetapi justru semakin membuat mereka militan.  Upaya AS untuk mengendalikan Irak paska kekalahan ISIS di Suriah dan Irak akan semakin sulit. Citra AS di Irak akan semakin memudar. Mengapa ? karena Hizbullah secara ekonomi mampu memberikan bukti nyata melalui kadernya yang berkuasa di Irak untuk melakukan recovery ekonomi setelah perang 4 tahun dengan ISIS. Diplomasi AS di forum international untuk menekan Iran semakin sulit. Karena bagaimanapun, AS telah melanggar kode etik international dengan membunuh pejabat negara lain.  Sekali lagi Trumps semakin menunjukan dirinya kepada dunia bahwa dia idiot.

“Silakan dilihat artikel lainnya tentang Geopolitik Logam Tanah Jarang dengan meng klik link nya tertera di kalimat ini, terima kasih!”

atau

“Silakan JUGA dilihat artikel lainnya tentang Ruko Dijual Murah Fatmawati dengan meng klik link nya tertera disini, terima kasih!”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
%d bloggers like this: